Selasa, 19 Desember 2017

mengenali tentang sosiologi perdesaan

pengertian sosio;ogi
Sosiologi berasal dari dua kata Yunani yaitusocius” yang berartikawan atau temandanlogos” yang berartiilmu atau pengetahuan”. Teman atau kawan dapat dimengerti secara luas sebagaikeberadaan orang-orang lain dalam suatu hubungan”. Dengan demikian berdasarkan asal katanya maka sosiologi berartiilmu tentang berkawanatauilmu tentang bagaimana manusia berkawan”.


Menurut Giddens (2004) mendefinisikan bahwasociology is the study of human social life, groups and socities” (sosiologi merupakan studi/ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial manusia, kelompok dan masyarakat).
Pengertian umum menyatakan bahwa sosiologi adalahilmu tentang masyarakat”. Menurut Priyotamtomo (2001), sosiologi mepelajari perilaku masyarakat dan perilaku sosial manusia dengan meneliti kelompok yang dibangunnnya. Kelompok tersebut mencakup: keluarga, suku, komunitas, pemerintah, organisasi soaial, kelompok ekonomi, kelompok politik, dan lain sebagainya.

penegrtian perdesaan 
Pedesaan merupakan perwujudan atau kesatuan goegrafi ,sosial, ekonomi, politik dan kultur yang terdapat ditempat itu (suatu daerah), dalam hubungan dan pengaruhnya secara timbal balik dengan daerah lain.

Sosiologi pedesaan bisa diartikan sebagai salah satu ilmu yang mempelajari bagaimana cara masyarakat memenuhi pertumbuhan dan perkembangan mereka di wilayah pedesaan yang ditempati masyarakat lainnya atau lingkungan pedesaan yang kita temui . Proses itu bisa dilakukan dengan memperhatikan cara berkomunikasi, berinteraksi, beradaptasi di lingkungan tersebut.
Maksud mempelajari sosiologi pedesaan adalah untuk mengumpulkan keterangan mengenai masyarakat pedesaan dan hubungan-hubungannya yang melukiskan tentang tingkah laku, sikap, perasaan, motif, dan kegiatan manusia yang hidup dalam lingkungan pedesaan itu.

 Desa adalah suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri.

Adapun yang menjadi ciri masyarakat desa antara lain :
         Didalam masyarakat pedesaan di antara warganya mempunyai hubungan yang lebih mendalamdan erat bila dibandingkan dengan masyarakat pedesaan lainnya di luar batas wilayahnya.
    •   Sistem kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan
         Sebagian besar warga masyarakat pedesaan hidup dari    pertanian
           POLA KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA
             Pola Kehidupan Masyarakat Desa Terbagi dari berbagai definisi tentang kehidupan, antara lain yang mengemukakan cara hidup( way of life), cara ( way of thinking), cara persaan(way of feeling), dan cara melakukan( way of doing). Untuk menganalisa masyarakat pedesaan yang bersifat bersahaja maka diperlukan konsep kehidupan yang sederhana pula yaitu kehidupan dilihat dari aspek kebudayaan dan non-kebudayaan (immaterial culture). Dengan kata lain kehidupan dilihat sebagai suatu sistem nilai dan norma (adat istiadat) yang mengatur perilaku dan perikehidupan masyarakat desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar